Beranda » Batu Alam Palimanan » Batu Cupang Merah, Batu Alam Cirebon

Batu Cupang Merah, Batu Alam Cirebon

T Diposting oleh pada 19 September 2017
F Kategori
b 1 komentar
@ Dilihat 1758 kali

Batu Cupang Merah, Batu Alam Cirebon – muktijayastone.com Batu Cupang Merah merupakan salah satu batuan sandstone (terbentuk karena proses sedimentasi butiran-butiran pasir) yang bermetamorfosis. Batu ini memiliki keunikan di banding dengan batuan sandstone cirebon lainnya (batu palimanan, batu putih bobos, batu putih cacing) karena batu ini memiliki warna pink, dan jika dilakukan coating akan keluar warna merah, karena hal tersebut itu pula batu ini dinamakan Cupang Merah. Seperti halnya batu alam Cirebon lainnya, batu ini dapat ditemukan di kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon. Namun batu ini tergolong langka, jarang pengrajin batu alam yang memproduksinya karena teksturnya yang sangat keras sehingga membutuhkan alat potong yang canggih dan mahal.

Aplikasi Batu Cupang Merah - Batu Alam Cirebon

Aplikasi Batu Cupang Merah – Batu Alam Cirebon

Batu Alam Cirebon Merah ini sangat digemari dikalangan wanita, terutama mereka yang menyukai kecantikan, tentunya kecantikan tersebut hanya dapat di aplikasikan pada rumah. Karena keunikan, kelangkaan dan “kecantikannya”, batu inipun tergolong batuan yang mahal, maka dari itu hanya orang-orang berjiwa seni dan berani membayar mahal yang dapat memilikinya.

Finishing Batu Alam Cirebon Jenis Cupang Merah

Seperti halnya batu alam Cirebon lainnya, batu cupang merah di variasikan ke berbagai bentuk dan variasi finishing. Batuan ini diproduksi dan diperdagangkan dalam bentuk Rata Alam, Rata Mesin dan Susun Sirih. Batu Cupang Merah Rata Alam dibedakan menjadi beberapa ukuran di antaranya : 10x20cm, 15x15cm, 15x30cm, 20x40cm, 30x30cm. Namun ukuran tersebut bukanlah suatu patokan, jika memesan langsung ke pengrajin batu alam Cirebon, kita dapat meminta ukuran sesuai yang dibutuhkan tentunya dengan syarat minimal pembelian, dan alangkah baiknya jika bernegosiasi langsung dengan pemilik batu alam.

Finishing Batu Cupang Merah - Batu Alam Cirebon

 Finishing Batu Cupang Merah – Batu Alam Cirebon

Finishing Rata Mesin Motif Alur

Batu alam Cirebon pink, merupakan sebutan lain untuk batu ini. Karena keunikan tersebut dibuat pula finishing Rata Mesin yang di variasikan ke bentuk motif alur. Yang mana ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk para pecinta batu alam. Beragam motif alur batu alam cupang merah, di bedakan beberapa bentuk, diantaranya motif alur napoli, motif alur lurus, motif alur anyaman, motif alur gelombang dan masih banyak motif lain. Adapun jika anda memiliki variasi lainnya anda dapat memesan langsung ke para pengrajin batu alam cupang merah.

Motif Alur Batu Cupang merah - Batu Alam Cirebon

Motif Alur Batu Cupang merah – Batu Alam Cirebon

Finishing Rata Mesin, Honed Dan Polished

Finishing rata mesin batu alam cupang merah, dapat diproses lagi ke proses honed atau sering disebut poles dof, dilakukan untuk memperhalus permukaan batuan dengan menggosoknya menggunakan piringan intan sampai dihasilkan tingkat kehalusan yang dibutuhkan. Batu cupang merah rata mesin dengan proses finishing honed, biasanya diaplikasikan untuk lantai dan dinding rumah ataupun properti lain seperti hotel, restaurant, kantor dll.

Sedangkan finishing rata mesin dengan polished atau poles kilap, di lakukan setelah proses honed dimana proses tersebut di lakukan dengan cara menggosokkan piringan intan ditambahkan bahan kimia tertentu, untuk memunculkan lapisan kaca atau biasa di kenal dengan keramik batu alam jika melihat tekstur permukaan yang mengkilap dan halus. Hal ini menjadikan batu alam cirebon, khususnya batu alam cupang merah menjadi lebih cantik dengan warna pink dan membuat batu mudah di bersihkan serta menjadikan tahan lumut lebih lama jika tidak dibersihkan.

Finishing Susun Sirih

Finishing susun sirih batu alam cupang merah menjadi pembahasan terakhir di artikel ini. Dimana susun sirih batu alam khususnya untuk batu cupang merah, merupakan proses finishing menyusun potongan batu pada dinding atau pilar yang disusun menumpuk, dengan ukuran batu 3x30cm, 3x40cm, 5x30cm, 5x40cm. Adapun potongan batu untuk pemasangan susun sirih berupa batu Rata Mesin maupun batu Rata Alam.

Menyikapi dari kesulitan dalam pemasangan susun sirih, para pengrajin batu alam cirebon membuat susunan potongan batu alam dengan merekatkan potongan-potongan tersebut dengan lem batu yang kuat disusun menumpuk. Kreatifitas ini dinamakan wall clading, seperti pada gambar di atas. Wall Clading batu cupang merah biasa berukuran 18x40cm dan 18x50cm. Dibuat dari potongan-potongan susun sirih ukuran lebar 3cm, ditumpuk 6 susun. Sebagai penutup, semoga semua yang terangkum pada artikel ini dapat menjadi manfaat dan inspirasi bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungan dan waktunya untuk menyimak artikel ini. baca juga : Batu Palimanan, Batu Alam Cirebon

SUPPLIER BATU ALAM CIREBON – MUKTI JAYA STONE

pencarian dari google:

1 Komentar untuk Batu Cupang Merah, Batu Alam Cirebon

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Batu Cupang Merah, Batu Alam Cirebon

Batu Andesit Untuk Kuburan

Batu Andesit Untuk Kuburan

T 25 November 2016 F , A muktijayastone

Mengerikan memang,judul dan gambar di atas.Tapi realitanya, memang demikian adanya. Sudah menjadi rahasia umum, bahan baku batu  andesit bisa dibuat untuk berbagai keperluan sesuai kebutuhan ataupun permintaan. Memang batu andesit lebih dikenal sebagai batu alam yang kuat&tahan terhadap cuaca, selain... Selengkapnya

Batu Alam Andesit Bakar

Batu Andesit Bakar Ukuran 60×60 dari Cirebon Dikirim 1 Truk ke Medan

Batu Andesit Cirebon Memang Selalu Jadi Perimadona  Kalo Membicarakan Batu Alam Andesit Memang Tidak Ada Habisnya. Dan memang pada kenyataannya juga dari sekian banyak jenis Batu Alam, Batu Andesit lah yang bahan bakunya paling banyak dan paling tahan lama ketika... Selengkapnya

Pemanfaatan Batu Putih - Batu Alam Cirebon

Batu Putih, Batu Alam Cirebon

T 23 October 2016 F A muktijayastone

Batu Putih, Batu Alam Cirebon – muktijayastone.com Batu Putih terbentuk karena adanya proses sedimentasi butiran-butiran pasir, yang terbentuk didalam tanah, ataupun di permukaan tanah. Karena komponen material dan proses terbentuknya tersebut, batu alam Cirebon ini dinamakan batuan sandstone, seperti halnya... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.